News

Berita Asuransi Terbaik Terkini

Cara daftar menjadi agen asuransi Allianz Indonesia

Bagaimana caranya menjadi seorang agen asuransi Allianz?

Ini sebuah pertanyaan yang sering saya dapat dan sekaligus yang paling saya tunggu-tunggu.
Kenapa? Karena dengan semakin banyaknya jumlah agen asuransi Allianz, semakin banyak pula masyarakat Indonesia yang terlindungi keuangan income mereka.

Akan tetapi karena tidak setiap orang cocok dengan bisnis asuransi, izinkan saya melakukan seleksi, sebagaimana setiap bidang pekerjaan ada seleksi (interview singkatnya). Sebelum mendaftarkan diri menjadi seorang agen asuransi, sebagian besar agen asuransi gagal. Loh kenapa? Ya, karena mereka hanya ingin sukses kaya raya namun tidak melakukan hal-hal yang diperlukan untuk sukses. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar menjadi seorang agen asuransi Allianz, mohon pastikan dulu hal-hal di bawah ini:

Apakah anda siap menghubungi beberapa orang setiap hari untuk menawarkan asuransi?
Apakah anda siap menghadapi banyak penolakan, dicuekin, dan di-PHP-in?
Apakah anda siap menjalani profesi agen asuransi seumur hidup anda?
Apakah anda siap melayani para nasabah seumur hidup anda?

Jika jawaban untuk empat pertanyaan di atas adalah YA, silakan dilanjutkan.
Jika anda bertanya, coba-coba dulu boleh gak? Itu tandanya anda belum yakin. Saran saya: pelajari lebih lanjut terlebih dahulu tentang peluang bisnis ini. Sumber-sumber informasinya banyak tersedia di internet, googling aja. Jika masih ragu, akan lebih baik jika anda menyempatkan diri datang ke acara semacam seminar peluang bisnis yang diadakan secara rutin di kantor-kantor keagenan terdekat anda. Gratis. Mungkin anda bertanya, kalau sambilan dulu boleh gak? Saya jawab: boleh part-time, tapi harus full-heart (sepenuh hati). Karena bisnis asuransi ini tidak memberikan gaji pokok, mayoritas orang memulai bisnis asuransi dengan masih menjalani pekerjaan yang sekarang. Mereka akan baru yakin full-time ketika hasil dari bisnis asuransi ini sudah menyamai atau melebihi hasil dari pekerjaannya yang lama.

Terus-terang, menjadi agen asuransi yang sukses itu tidak mudah, dan tidak semua orang siap melayani orang-orang lainnya dengan sepenuh hati. Jika anda memiliki kesiapan hati untuk berjuang di bisnis ini, silakan dilanjut. Semoga anda menjadi salah seorang yang sukses seperti para MDIT (Million Dollar Income Team) lainnya.

Secara administratif, persyaratan untuk menjadi agen asuransi Allianz itu mudah, yakni:

1. Mengisi form aplikasi agen dan perjanjian keagenan, dengan melampirkan:
a. Fotokopi KTP (2 lembar)
b. Pas foto warna ukuran 3×4 (2 lembar)
c. Fotokopi buku tabungan (1 lembar)
d. Fotokopi NPWP (1 lembar)
e. Bukti transfer biaya ujian lisensi konvensional + syariah sebesar 285 ribu (online, lokasi di kota-kota tertentu) atau 310 ribu (paper, lokasi di luar kota-kota tertentu).
f. Jika anda pernah tergabung di asuransi lain sebelumnya, lampirkan fotokopi kartu lisensi AAJI dan surat terminasi dari perusahaan sebelumnya. Jika tidak ada, surat terminasi bisa diganti dengan surat penyataan telah mengundurkan diri. Kemudian biaya perpanjangan lisensi akan berbeda dengan biaya ujian untuk calon agen baru (jumlahnya akan diberitahukan kemudian).

2. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.
Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 2-3 minggu. Sambil menunggu, anda bisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI.
Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi dan mulai bisa menjual polis asuransi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Sekilas tentang tata cara mudah untuk mendaftar sebagai agen asuransi Allianz, tanya lebih lanjut, hubungi 081318100747 Baldwin. Baca juga: gaji agen asuransi Allianz